Sudah pakai berbagai macam skincare, tapi kok hasilnya belum kelihatan?

Author Kania Luthfiani; Editor Jennie Novita
Last updated on Sep 08, 2022
Pasti ada di antara kalian yang gak sabar mendapatkan hasil dari skincare yang sedang digunakan. Sebelum mengharapkan hasil dari skincare, kalian perlu tau ada banyak faktor yang bisa menentukan hasil dari skincare yang kamu gunakan! Apa aja?
1. Cara pakai skincare mempengaruhi efek dari penggunaan skincare-mu. Mau mendapatkan hasil maksimal, tapi masih suka skip pakai skincare, terutama sunscreen? Hm! Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, diperlukannya konsistensi dalam penggunaan skincare, frekuensi dan volume pemakaian juga menentukan hasil skincare.

Contohnya dalam penggunaan sunscreen. Kalau kamu hanya menggunakan sunscreen saat keluar ruangan saja, atau tidak me-reaplikasi setiap 2-3 jam sekali dan hanya sedikit, proteksi dari sunscreen tidak akan semaksimal jika menggunakannya dengan tepat.

Bagaimana sih penggunaan yang tepat? Penggunaan sunscreen yang tepat adalah 2 jari untuk wajah dan leher dan selalu dire-aplikasi setiap 2-3 jam sekali.

2. Basic skincare is a must! Ada yang menggunakan banyak skincare dengan berbagai macam bahan aktif, tapi lupa untuk menggunakan basic skincare. Basic skincare sangat essential lho! Bisa jadi skincaremu tidak maksimal jika kamu meninggalkan basic skincare. So, apapun jenis dan ingredients yang kamu gunakan, basic skincare jangan diskip agar kulit tetap sehat. Jangan lupa untuk selalu CPM, yaitu Cleansing, Moisturizing, dan Protecting (SPF).

3. Tingkat Permasalahan Kulitmu. Beberapa kehitaman, kerutan dalam, bekas luka seperti bopeng, dan jerawat yang parah tidak bisa diatasi hanya dengan skincare. Mungkin bisa membantu, tapi tidak bisa mengobati. Karena skincare tidak sama dengan obat dan perlunya mengatur ekspektasimu ya!
Lalu, berapa lama skincare akan memberikan hasil pada wajah? Careskin akan share ke kalian estimasi skincare akan memberikan hasil pada wajah. Perlu diingat: balik lagi hasil ini hanya untuk estimasi bukan patokan pasti ya karena, hasil dan durasi dapat bervariasi pada setiap individu. Here we go!

Durasi Hasil Pemakaian Skincare

Ingredients

Permasalah Kulit

Durasi

Retinol

Jerawat

8 – 12 Minggu

Aging

12 – 24 Minggu

AHA

Memperbaiki Tekstur Kulit

1 – 2 Minggu

Memudarkan Hiperpigmentasi

4 – 12 Minggu

BHA

Blackheads

2 Minggu

Jerawat (Inflamasi)

4 – 8 Minggu

Vitamin C

Antioksidan

Langsung

Mencerahkan

3 – 4 Minggu

Memudarkan Hiperpigmentasi

8 – 12 Minggu

Hyaluronic Acid & Glycerin

Hidrasi

Langsung (dalam beberapa jam)

Benzoyl Peroxide

Jerawat

2 – 4 Minggu

Niacinamide

Mencerahkan

3 – 4 Minggu

Memperkuat Skin Barrier

1 – 2 Minggu

Memudarkan Hiperpigmentasi

8 – 12 Minggu

Tags
Share