Tips Mengatasi Breakout saat Haid

Author Aurelline Widi; Editor Jennie Novita
Last updated on Oct 13, 2022

Breakout
Saat haid atau menstruasi ada perubahan yang terjadi pada tubuh, hal itu disebabkan karena hormon estrogen dan progesteron sedang mempersiapkan rahim untuk proses pembuahan. Seperti badan pegal-pegal, perut kram, suasana hati cepat berubah, hingga nafsu makan berlebih. Selain itu, tidak jarang wanita yang mengalami perubahan kondisi dan tekstur kulit terutama pada bagian wajah.

Dikutip dari dr. Adniana Nareswari, Sp. DV “Dalam istilah kedokteran (dermatovenereology), tidak ada literatur ilmiah yang menyebutkan definisi pasti dari breakout, yang ada adalah reaksi iritasi, alergi (dermatitis kontak) atau efek samping akibat penggunaan produk tertentu.” dan penyebabnya multifaktorial yang seringkali terjadi karena perubahan hormon. Kondisi kulit saat menjelang hingga periode menstruasi berakhir akan menjadi lebih sensitif, dan produksi minyak pada kulit lebih banyak karena hormon testosteron meningkat pada tengah siklus menstruasi yang juga bisa menjadi salah satu penyebab jerawat pada wajah kita.

Munculnya breakout atau mungkin paling dekat disebut dengan acne vulgaris atau common acne bisa disebabkan oleh berbagai hal, lalu penanganannya pun dilakukan sesuai dengan penyebabnya. Tanda munculnya acne vulgaris sendiri ditandai dengan kulit yang memerah akibat peradangan dan muncul banyak jerawat.

Sedangkan purging sendiri tidak ada dalam istilah medis, faktanya purging bukan detoksifikasi, bukan menetralisir racun dan kulit tidak bisa menetralisir racun. Lalu kenapa saat memakai skincare baru kamu mengalami jerawatan terlebih dahulu baru mendingan seiring waktu? Lalu apa itu purging? Tergantung apa definisi Skincarers sendiri nih! Umumnya ada beberapa reaksi yang terjadi pada kulit :

  • Reaksi kulit lokal akibat skincare yang mengandung retinoid atau exfoliating agent (seperti retinol dan AHA/BHA). Terjadi akibat peningkatan regenerasi kulit atau pengelupasan sel kulit mati.
  • Reaksi tidak cocok dengan suatu produk, umumnya alergi atau iritasi.
  • Retinoic acid induced dermatitis (Hanya retinoic acid)

Purging secara waktu seharusnya tidak lebih dari satu bulan,kalau lebih dari ini kamu bisa stop pemakaian produknya atau konsultasikan dengan dokter kulit.

Buat Skincarers yang mengalami breakout saat menstruasi, kamu bisa coba beberapa tips ini untuk mengatasinya!

Berikut beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk mencegah dan mengatasi jerawat saat haid, yaitu:

  • Jaga kebersihan wajah. Pastikan kamu rajin mencuci wajah dengan benar, maksimal dua-tiga kali sehari, menggunakan sabun yang sesuai jenis kulit terutama setelah beraktivitas di luar ruangan atau berolahraga untuk mengurangi sebum dan kotoran di wajah.
  • Jangan menyentuh wajah (apalagi jerawat) karena bisa membuat jerawat semakin memburuk karena dapat mencetuskan iritasi / radang.
  • Gunakan skincare dengan kandungan hydrating, agar kulit tetap lembap dari luar.
  • Pakai sunscreen 15-20 menit sebelum kegiatan luar ruangan agar sunscreen bisa menyerap dengan baik di kulit kita sebelum melakukan aktivitas luar ruangan.
Tags
Share