Niacinamide atau Vitamin C? Cari Tahu Perbedaannya!

Saat ini niacinamide dan vitamin C sudah banyak terkandung dalam produk skincare. Kedua bahan ini dapat mencerahkan wajah dan juga berfungsi sebagai anti inflamasi. Namun kedua bahan ini memiliki beberapa perbedaan.

Vitamin C

Vitamin C disebut juga asam askorbat, yang merupakan bentuk reduksi dari vitamin C. Vitamin C memiliki rantai hidrogen yang menjadikannya asam lemah, serupa dengan alpha hydroxy acids yang digunakan dalam dermatologi.

Niacinamide

Niacinamide adalah turunan dari vitamin B3 yang mudah larut di air. Ia memiliki berperan dalam banyak reaksi kulit dan banyak fungsi. Ia dihasilkan alami dari tubuh dan dapat diperoleh dari makanan (daging ayam/sapi/ikan, telur, susu, ragi dan gandum utuh) 

Hidrokuinon

Hidrokuinon atau hydroquinone (HQ) adalah sebuah senyawa organik aromatik derivat benzen dihidroksilasi yang termasuk golongan senyawa fenol. Peran hidrokuinon di kosmetik didasari oleh sifat HQ sebagai agen antioksidan, berperan dalam proses penghambatan melanogenesis sehingga mengurangi warna gelap pada kulit. 

Melasma

Melasma adalah sebuah kelainan warna kulit berupa bercak gelap dengan bentuk yang tidak beraturan. Melasma muncul dipengaruhi oleh hormon, dan seringkali pada bagian yang terpapar sinar matahari seperti dahi, pipi, bagian atas bibir dan dagu. Terkadang melasma juga bisa ditemukan pada leher, lengan dan punggung.

Kehitaman/Hiperpigmentasi

Kondisi perubahan warna kulit menjadi lebih gelap. Keadaan ini disebabkan oleh perubahan jumlah dan distribusi pigmen melanin, yang berfungsi untuk mewarnai kulit kita. Melanin ini dibuat oleh sel melanosit di kulit dan dibedakan menjadi tiga jenis berdasarkan komposisi kimianya, yaitu dua jenis eumelanin (pigmen berwarna coklat-hitam) dan satu jenis pheomelanin (pigmen berwarna kuning-merah). Beberapa permasalahan hiperpigmentasi kulit yang sering kita temui adalah melasma, sunspot, dan freckles. 

Freckles

Freckles, atau ephelides, adalah titik-titik hiperpigmentasi berukuran kurang dari 2 cm yang sering ditemui pada wajah, punggung tangan dan dada. Freckles juga dicurigai terjadi sebagai akibat dari paparan sinar matahari dan muncul pada populasi berkulit terang di usia muda. Kondisi kulit seperti ini banyak dipengaruhi oleh genetik.

Sun Spots

Ketika terjadi paparan dari sinar matahari, tubuh kita akan melakukan respon dengan meningkatkan produksi sel melanosit dan pigmen melanin, baik secara menyeluruh – seperti yang terjadi saat kita tanning atau ‘berjemur’ – atau berupa sun spots. Sun spots cenderung bertambah banyak seiring bertambahnya usia dan dipengaruhi paparan sinar matahari.

Adapalane

Retinoid (vitamin A) generasi ketiga yang digunakan untuk mengatasi masalah jerawat.