Biobeautylab Oil Serum & Preserum Review

Author Jennie Novita; Editor Jennie Novita
Last updated on Dec 11, 2021
Salah satu skincare brand yang seliweran dimana-mana dan pada ngerave bagus! Bikin penasaran banget karena I'm personally not really a fan of using oils karena biasanya lengket dan greasy. In the end what matters is your preference and the formulation! Tiap individu pasti berbeda karena skincare itu sangat personal. 

Biobeautylab adalah skincare brand lokal yang awalnya mengeluarkan 2 face oil serum yaitu: Luxurious dan Acne Treatment dan akhir-akhir ini keluar pre-serum.

Kok oil bisa dibilang serum? Yes karena memang standard 'serum' sendiri tidak ada jadi bebas brand mau klaim itu sebagai apa. Dua face oils dari biobeautylab memang packed! Let's go and review them one by one!
 
Manfaat Face Oil secara keseluruhan:
  • Memperbaiki skin barrier (dengan menjaga hidrasi) dengan bertindak sebagai emolien atau dan oklusif
  • Dapat memberi efek soothing - mengurangi kemerahan (soothing) 
  • Menutrisi, menghidrasi dan melindungi kulit karena minyak kaya akan oksidan
Tips tipe kulit berminyak dan atau berjerawat yang ingin memakai oil:

Gunakan oils dimalam hari sebagai langkah akhir skincare kalian untuk memaksimalkan hidrasi. Ada riset yang menyatakan bahwa kulit berminyak memiliki kandungan linoleic acid yang lebih rendah sehingga disarankan memakai minyak dengan kandungan linoleic acid yang lebih tinggi seperti:

  • Jojoba oil
  • Evening Primrose oil
  • Squalane
  • Tea tree oil
  • Rosehip oil
  • Grapeseed oil
  • Hemp seed oil
Luxurious Facial Oil
Ingredients List:
Squalane, Oenothera Biennis (primrose) Oil, Rosa Canina (Rosehip) Seed Extract, Hippophae Rhamnoides Fruit (Sea Buckthorn) Oil, Macadamia Ternifolia Seed Oil, Prunus Amygdalus Dulcis (Sweet Almond) Oil, Vegetable Oil, d-y-tocopherol. d-6-tocopherol, a-tocopherol, d-B-tocopherol (Mixed Tocopherols 95). Levisticum Officinale Root (Geranium) Oil, Boswellia Carterii Gum (Frankincense) Oil, Citrus Limon (Lemon) Peel Oil. 

My take on the formulation:
Oils yang dipakai cukup bervariasi dan memang kaya akan antioksidan dan vitamins, indeed a luxurious oil sehingga jika dipakai secara rutin dan jangka panjang dapat membantu melindungi kulit dan meremajakan kulit. Tentunya efek peremeajaan dari oils saja minim dan tidak begitu signifikan sehingga perlu dibarengi dengan perawatan dan proteksi lain nya seperti sunscreen. Oil ini mengandung essential oil sehingga memang wanginya kerasa luxurious tetapi untuk beberapa orang mungkin kurang cocok karena dapat mengiritasi. 

Cara pakai:
Tuangkan 2-4 tetes Luxurious Facial Oil Serum di telapak tangan. Tepuk pelan ke kulit sampai merata. Luxurious Facial Oil Serum di step akhir skincare kalian sebelum susncreen. Bisa dipakai pada malam, pagi atau siang hari tergantung kebutuhan dan preferensi.

Texture & Smell: oil ini gak terlalu heavy dan lumayan encer sehingga masih nyaman digunakan pada kulit kombinasi-oily atau even oily skin yang suka finishnya dewy. Untuk dilayer under make up ini enak untuk bikin make up kalian lebih nempel dan 'flawless' karena menghaluskan kulit. The smell is also really good dan gak menggangu yang semerbak gitu.

Overall setelah pemakaian 2-3 minggu:
Aku sendiri cukup pake 1-2 tetes saja sudah cukup biar gk terlalu 'heavy' feeling atau greasy. So far oil ini enak dipake kalo kulitku lagi dehidrasi untuk menambah kelembapan extra dan membuat kulit lebih glowing besoknya.
Acne Treatment Facial Oil
Ingredients List:
Vitis Vinifera (Grape) Seed Oil, Simmondsia Chinensis (Jojoba) Seed Oil, Squalane, Calophyllum Inophyllum (Tamanu)Seed Oil, Melia Azadirachta (Neem) Seed Oil, d-y-tocopherol, d-8-tocopherol, a-tocopherol, d-B-tocopherol (Mixed Tocopherol 95), Melaleuca Alternifolia (Tea Tree) Leaf Oil, Rosmarinus Officinalis (Rosemary) Leaf Oil, Lavandula Angustifolia (Lavender ) Oil.

My take on the formulation:
Blends of oils dari yang ringan ke yang heavy ada di sini, memang fokusnya oils yang kaya akan linoleic acid (diteliti baik digunakan kulit berminyak) dan banyak juga kandungan antioksidan untuk melindungi kulit dari radikal bebas sehingga baik untuk peremejaan kulit juga. Terdapat juga beberapa oils yang dapat membantu wound healing dan menyamarkan bekas jerawat kehitaman seperti Tamanu oil.

Cara pakai:
Tuangkan 2-4 tetes Acne Treatment Facial Oil Serum di telapak tangan. Tepuk pelan ke kulit sampai merata, dapat dipakai setelah pelembab, di malam dan pagi atau siang hari.

Texture & Smell:
Oil ini sedikit lebih ringan dibanding yang Luxurious oil dan lebih less greasy, lebih cepat menyerap tapi wanginya lebih menyegat.

Overall setelah pemakaian 2-3 minggu:
I don't think ini treatment untuk acne, tetapi kemungkinan besar bisa dipakai untuk kulit acne prone jika kondisinya terkontrol dan untuk perawatan. Di kulitku yang sensitif ini masih bisa dipakai setiap hari tetapi memang efeknya juga lebih untuk hidrasi dan melembabkan. Untuk texture kulit dan bekas jerawat tidak terlalu terlihat efek mungkin sedikit membantu tetapi tidak signifikan dan perlu waktu yang lebih lama dipakai.

Sepertinya untuk penggunaan oil ini memang cocok-cocokan karena untuk natural oils dan essential oils kadang ada orang yang cocok banget, tapi ada juga malah jadi iritasi.
Phyto Power Essence Pre Serum

Tidak ada definisi standar nya si apa itu, tapi jika menurut brand ini digunakan sebelum kalian pake serum untuk hidrasi yang lebih maksimal sehingga penyerapan serum setelahnya bisa lebih maksimal juga (belum ada scientific proof untuk ini) tapi secara teori mungkin bisa karena air bisa menjadi penetration enhancer. So all in all, it is optional just like toner.

Ingredients List:
Aqua, Galactomyces Ferment Filtrate, Butylene Glycol, Panax Ginseng Root Extract, Nicotinamide, Glycerol, Centella Asiatica Extract, Glycerin, Pentylene Glycol, Xanthan Gum, Camellia Sinensis Leaf Extract, Gossypium Herbaceum (Cotton) Seed Extract, Allantoin, Yeast Ferment Extract, Phenoxyethanol, Allium Sativum (Garlic) Bulb Extract.

My take on the formulation:
Bisa dipake untuk semua jenis kulit, kaya akan antioxidant dan hydration moisture boost untuk soothing dan skin barrier, blemished skin juga sepertinya akan cocok. Galactomyces ferment filtrate, ginseng, niacinamide, centella, green tea dan yeast ferment all in all memberikan efek singergistik untuk soothing dan menutrisi kulit.

Texture and Smell:
Menurutku ini sama aja si dengan serum/essence jadi gk harus dipake sebelum serum atau aturan gimana-gimana karena kalo dibilang pre-serum apakah itu toner, gak juga. Texture pre-serum biobeautylab mirip dengan essence dia seperti watery-gel yang kental dan sedikit lengket or spt thick viscous toner? 

Smells neutral, tanpa fragrance dan nyaman dipake. 

Finish: kulit kerasa auto plump, soft dan lembap.

Overall:
Untuk hydration this is a good product to have karena beneran nampol untuk melembapkan jadi kulit kerasa plumpy dan gak bikin pilling, dia juga packed with soothng ingredients jadi untuk calming mayan ok juga bisa dipake di step toner dan serum kalo lagi mager jadi sort of 2 in 1 (then again both are optional). Packaging nya pump sbenernya enak dan efisien tapi karena isinya kentel-cair gtu kadang bisa muncrat kadang.