Oily Skin Perlu Moisturizer?

Author Aurelline Widi; Editor Jennie Novita
Last updated on Oct 11, 2022

Tahukah kamu memakai moisturizer sangat penting untuk menjaga kesehatan kulit wajah, baik untuk kamu yang memiliki kulit wajah kering dan juga untuk kulit wajah berminyak.

Banyak yang merasa kulit berminyak tidak butuh pelembap lagi karena pelembap malah buat kulit semakin berminyak dan takut menutup pori-pori jadi jerawatan. Padahal anggapan seperti itu kurang tepat lho Skincarers! Semua orang memerlukan kelembapan kulit yang seimbang, nah itu bisa dibantu dengan pemakaian pelembap, pelembap membantu kulit kamu tetap terhidrasi agar kulit tetap elastis, kenyal dan sehat. Namun kelembapan tersebut bisa didapat dari berbagai macam produk seperti serum, toner, bahkan sunscreen kamu; tidak harus dari pemakaian krim/lotion yang ada tulisan ‘moisturizer’.

Nah untuk Skincarers dengan kulit wajah berminyak disarankan untuk menggunakan produk yang memberi kelembapan dalam berbentuk gel atau lotion. Produk dengan tekstur tersebut biasanya cenderung ringan, mudah diserap kulit, dan lebih tidak terasa lengket ataup berminyak karena memiliki kandungan air yang relatif lebih tinggi. Berikut beberapa cara untuk memilih pelembap pada kulit berminyak:

Rekomendasi Pilihan Pelembap untuk Kulit Berminyak

Agar tidak salah pilih, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan saat memilih pelembap untuk kulit berminyak, yaitu:

1. Berbahan dasar air

Pelembap yang berbahan dasar air (water based) lebih direkomendasikan. Sediaan dengan tekstur lotion dan gel umumnya mengandung lebih banyak air, sedangkan krim dan salep mengandung lebih banyak minyak. Pelembap jenis gel atau lotion biasanya terasa lebih ringan sehingga lebih nyaman digunakan oleh pemilik kulit berminyak.

2. Bersifat non-comedogenic

Kandungan minyak yang berlebih dapat memicu munculnya komedo dan jerawat di wajah Untuk itu, pilihlah produk dengan label bebas minyak dan non-comedogenic, meskipun non-comedogenic juga tidak bisa dijadikan patokan pasti namun bisa dijadikan alternatif pelembap untuk kulit berminyak.

3. Mengandung Humektan/Emolien

Humektan dan Emolien adalah salah satu kandungan penting dalam pelembap untuk kulit karena memberikan kelembapan juga mengunci kelembapan kulit, lalu sebaiknya hindari kandungan pelembap yang oklusif.

Perawatan Kulit Berminyak

Selain menjaga kelembapan untuk kulit berminyak, berikut beberapa tips perawatan untuk wajah berminyak:

  • Bersihkan wajah 2 kali sehari, terutama saat beraktivitas di luar ruangan.
  • Hindari produk perawatan wajah berbahan dasar minyak (oil based) atau berbahan dasar alkohol (alcohol based).
  • Gunakan tabir surya ketika beraktivitas di luar ruangan.
  • Hindari menyentuh wajah menggunakan tangan yang kotor.

Nah itu dia untuk penjelasan kulit berminyak, buat Skincarers yang masih bingung dan mau bertanya boleh tulis di kolom komentar ya!


Sumber Gambar : Pinterest Total Beauty

Tags
Share